Sunday, August 9, 2009

MAKANAN HERBAL SEBAGAI DASAR KESEHATAN



Sejumlah makanan dengan kandungan gizi tertentu bisa dikonsumsi sebanyak apapun saat Anda sedang menjalani program diet. Karena, makanan tersebut bisa membantu membakar kalori tubuh. Apa sajakah itu?

1. Makanan kaya serat. Daun seledri dan kol, sejak lama dikenal sebagai makanan pembakar kalori. Pasalnya, energi untuk mencerna makanan tersebut lebih besar daripada energi atau kalori yang dihasilkan dari makanan tersebut. Keuntungan lainnya adalah, daun seledri dan kol mengandung banyak serat dan mengenyangkan, sehingga dengan asupan kalori lebih sedikit dibanding makanan lain, Anda tetap merasa kenyang. Namun perlu diingat, jaga asupan kalori agar tidak terlalu rendah agar metabolisme tubuh tidak terganggu. Saat metabolisme terganggu, tubuh justru menahan kalori di dalam tubuh karena tubuh mengira Anda sedang mengalami malnutrisi.

2. Vitamin C juga diyakini sebagai pembakar kalori yang bisa menurunkan berat badan. Makanan yang kaya Vitamin C dan juga kaya serat serta rendah kalori antara lain berbagi jenis jeruk, mulai dari jeruk limau, lemon, tangerine, atau grapefruit.

3. Produk susu rendah lemak. Studi menunjukkan, para pelaku diet yang mengonsumsi sedikitnya dua hingga tiga kali produk susu rendah lemak per hari seperti keju tertentu dan yogurt, akan lebih cepat menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di daerah perut.

4. Makanan tambahan untuk menu makan siang. Tambahkan sepotong kecil keju rendah lemak atau susu kotak (susu kotak bukan hanya untuk anak-anak) dalam menu makan siang Anda.

5. Makanan kaya vitamin B12. Telur, susu, keju rendah lemak, sereal yang telah diperkaya dengan vitamin merupakan sumber-sumber baik vitamin B12. Beberapa sumber menyebutkan, B12 meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar kalori. Setiap 1 gram lemak setara dengan 9 kalori, jadi bila Anda membakar lemak, sama saja Anda membakar kalori. Vitamin B12 juga dikenal bisa mengatasi kelelahan dan mempercepat metabolisme. Metabolisme cepat, merupakan kunci keberhasilan dalam usaha menurunkan berat badan.

No comments:

Post a Comment