Sunday, August 30, 2009

KENALI MIGRAIN


Migrain atau sakit kepala sebelah bisa Anda alami kapan saja dan tentunya sangat menggangu aktivitas. Meskipun tidak muncul setiap hari, migrain membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi karena merasa pening, sering juga disertai rasa mual hingga muntah.

Migrain juga lebih banyak menyerang kaum wanita dibandingkan pria. Umumnya, migrain dialami oleh orang yang berusia antara 20 hingga 45. Jika Anda terkena migrain yang cukup parah biasanya disertai denyut di telinga dan mata berair. Pemicu migrain bisa bermacam-macam salah satunya adalah aura yaitu istilah kedokteran jika seseorang yang melihat cahaya baik dari lampu maupun matahari kemudian merasa sakit kepala sebelah.

Stres, kurang tidur, perubahan cuaca, juga menjadi penyebab migrain. Selain itu, beberapa jenis makanan seperti keju dan minuman anggur juga memicu migrain. Hal itu diperkirakan karena keju dan anggur mengandung zat tyramine, yaitu substansi makanan yang muncul karena proses pembuatannya memakan waktu lama.

Perubahan hormon menjelang menstruasi juga memicu terjadinya migrain. Biasanya migrain terjadi saat wanita dalam masa ovulasi, yauitu beberpa hari sebelum terjadinya menstruasi.

Untuk mengatasi migrain Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau minum minuman berkafein. Tetapi, jika migrain tak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan obat yang bisa menenangkan saraf Anda yang tegang. Olahraga merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya migrain. Untuk itu, berolahragalah secara teratur.

No comments:

Post a Comment