Saturday, August 8, 2009

AYUR WEDIC


Adalah Sebuah Pengetahuan yang menyangkut bidang kesehatan jasmani dan rohani dengan berbagai sistem sifatnya. Ayur Weda adalah filsafat kehidupan, baik etis maupun medis. Oleh karena demikian, maka luas lingkup ajaran yang dikodifikasikan di dalam Ayur Weda meliputi bidang yang amat luas dan merupakan hal-hal yang hidup. Menurut isinya, Ayur Weda meliptui delapan bidang ilmu, yaitu :
1. ilmu bedah,
2. ilmu penyakit,
3. ilmu obat-obatan,
4. ilmu psikotherapy,
5. ilmu pendiudikan anak-anak (ilmu jiwa anak),
6. ilmu toksikologi,
7. ilmu mujizat,
8. ilmu jiwa remaja.

Disamping Ayur Wedic, ada pula pengetahuan Caraka Samhita yang ditulis oleh Maharsi Punarwasu. Kitab inipun memuat delapan bidan ajaran (ilmu), yakni Ilmu pengobatan, Ilmu mengenai berbagai jens penyakit yang umum, ilmu pathologi, ilmu anatomi dan embriologi, ilmu diagnosis dan pragnosis, pokok-pokok ilmu therapy, Kalpasthana dan Siddhistana. Kitab yang sejenis pula dengan Ayurweda, adalah kitab Yogasara dan Yogasastra. Kitab ini ditulis oleh Bhagawan Nagaryuna. isinya memuat pokok-pokok ilmu yoga yang dirangkaikan dengan sistem anatomi yang penting artinya dalam pembinaan kesehatan jasmani dan rohani.

Demikianlah Ilmu Pengetahuan Ayur Wedic sebagai gambaran awal dimulainya penulisan ini, semoga dianugrahi kesehatan dan panjang umur

No comments:

Post a Comment